Waspada Penyakit Sinusitis

Pernahkah anda atau sikecil mengalami pilek yang tak kunjung sembuh dengan ingus berwarna kunig atau kehijauan? kemudian disertai dengan kepala yang sering kali terasa berdenyut dan bahkan badan yang terasa meriang? bila kondisi seperti itu terjadi jangan pernah menyepelekanya bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis.

Apa Itu Sinusitis?

sinusSinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada organ sinus, sinus sendiri ialah rongga udara yang terdapat didaerah wajah yang langsung terhubung dengan hidung peradangan pada sinus ini dapat menyebabkan penimbunan lendir pada rongga sinus yang menjadi media bagi pertumbuhan bakteri. Hal ini umumnya merupakan akibat dari meluasnya infeksi hidung ringan seperti flu biasa, membuang lendir lewat hidung secara peksa dapat mendorong kuman masuk pada sinus-sinus tersebut.
Infeksi atau peradangan sinus umumnya umumnya terjadi sebagai kelanjutan infeksi hidung, setiap kondisi dalam hidung yang menghambat aliran keluar cairan hidung cenderung menyebabkan infeksi dari sinus. Seperti adanya infeksi virus, bakteri atau benda asing penyebab alergi dapat menimbulkan selaput lendir hidung dan hal yang sama terjadi pada sinus sehingga menutup antara sinus dan hidung.

Penyebab Sinusitis

  • Hidung tersumbat antara lain disebabkan oleh infeksi virus flu di saat tubuh kurang fit. Infeksi yang menyerang di sekitar hidung dan tenggorokan ini tak jarang menjalar ke sinus (rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir).
  • Radang pada rongga hidung ini bisa juga disebabkan oleh cara kita membuang ingus yang salah. Ingus yang seharusnya keluar malah tersedot masuk ke rongga sehingga susah dikeluarkan. Dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.
  • Kuman yang biasa menyerang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae yang ditemukan hampir pada 70% kasus.
  • Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan, radang
  • Amandel, radang pada gigi geraham atas, kadang juga disebabkan karena berenang, menyelam, trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat).
  • Allergi dapat memperberat penyakit ini, sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.

Gejala Sinusitis

  • Hidung tersumbat dan gatal
  • Terdapat bau tidak sedap setiap kali bernafas
  • Bersin-
  • Terdapat dahak di tenggorokan, seperti cairan dari hidung yang jatuh ke bawah rongga
  • besin
  • Mengeluarkan ingus( sekret) yang berwarna putih kental. Kalau waran sekret yang dikelurkan sudah kuning atau kehijauan, maka hal itu berarti kuman di dalam sekret sudah lebih banyak.
  • Sakit kepala, karena sekret di rongga sinus menekan ke kepala.

Pada umumnya penderita penyakit sinusitis akan mengalami ciri-ciri penyakit sinusitis berikut ini seperti pilek terus-menerus (biasanya ini berlangsung cukup lama), selain itu penderita penyakit sinusitis biasanya mengalami sakit kepala saat merunduk, hal ini disebabkan karena menumpuknya cairan pada rongga, ingus sering mengalir, badan terasa letih dan lemah, batuk, pendengaran terganggu, badan meriang, sensitivitas penciuman terganggu dan penderita sinusitis juga biasanya mengalami penurunan nafsu makan.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai sinusitis semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan anda pengetahuan tentang sinusitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *