Pereda Nyeri Sinus Secara Alami

Mereka yg sempat mengalami rasa nyeri yg menekan terhadap sinus — ialah tempat antara hidung & pipi — pasti paham macam mana tidak nyamannya serangan itu. Untungnya sebenarnya tidak sedikit obat-obatan alami utk meredakan sakit sinus. Baik itu yg disebabkan oleh flu biasa, alergi atau infeski sinus (sinusitis)
Sinus yakni sebanyak ‘rongga’ kosong di dalam tulang yg mengelilingi hidung. Sinus membuahkan mucus atau lendir yg mampu membanjiri hidung diwaktu kita terserang flu. Seandainya hidung menjadi membengkak sebab peradangan, ini sanggup menghalangi sinus & menyebabkan rasa nyeri, penyumbatan, batuk, nada menjadi sengau, & kadang sakit gigi & nyeri di wajah.
nyeri sinusSinusistis dapat menjadi akut — menyerang selagi empat pekan sesudah flu — atau kronis yg sanggup menyerang selagi berbulang-bulan atau bertahun-tahun. Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, alergi, masalah saluran pernafasan, & keadaan tertentu seperti cystic fibrosis sanggup menyebabka sinusitis yg akut & kronis.

Berikut Beberapa Pereda Nyeri sinus Secara Alami

Makanan Pedas

Meski makanan pedas sering membuat kita jadi mudah mengeluarkan air mata dan lendir hidung, ternyata cukup baik untuk meredakan sinus. 
Tentunya dalam kadar yang moderat. Graham menganjurkan saat makan, cobalah untuk menambahkan beberapa sendok cita rasa pedas dalam makanan Anda.

Kompres Dengar Air Hangat

“Anda bisa menggunakan kompres hangat untuk membantu saluran hidung tetap lembab,” kata Rizk. Caranya masukkan air mendidih dalam mangkuk besar.  Lalu hirup uap panasnya sembari Anda menutupi kepala dan wajah dengan handuk. 
Cara ini dalam beberapa kasus bisa melegakan nyeri sinus dan hidung tersumbat. 

Jangan Menahan Diri Untuk Ke Dokter

Jangan pernah sepelekan masalah sinus. Ketahui kapan batas Anda sudah tak sanggup menahan nyeri dan pergilah ke dokter. “Jika rasa nyerinya tak juga membaik dengan pertolongan pertama dan obat alami ini, pergilah ke dokter. Mungkin Anda akan membutuhkan CT Scan di bagian hidung untuk melihat penyumbatannya. Atau bahkan Anda mungkin membutuhkan pembedahan,’ kata Rizk. 

Mengunjungi dokter tak bisa ditawar terutama jika nyeri sinus sudah berlangsung selama sepekan dan disertai dengen demam. Anda harus menemui ahli telinga hidung dan tenggorokan (THT). Karena sangat mungkin Anda membutuhkan pengobatan yang lebih agresif.

Uap Panas

Menghirup uap panas bisa membantu melembabkan sinus. “Masukkan beberapa tetes eukaliptus atau menthol di air mandi yang masih hangat dan hirup uapnya,” kata Robert Graham, MD, MPH, ahli penyakit dalam dari  Lenox Hill Hospital di New York City.

“Mandi air hangat yang masih mengeluarkan uap juga bisa mengencerkan lendir atau mucus  serta debris yang menyumbat di dalam hidung,” kata Sam S. Rizk, MD menambahkan. Rizk adalah ahli penyakit telinga hidung tenggorokan di New York City dan seorang ahli bedah plastik wajah.

Cukup Minum Air

Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan sangat bermanfaat bagi seluruh tubuh. Termasuk membuat area sinus tetap lembab. Minumlah air dalam jumlah cukup seharian, tapi hindari kafein dan minuman beralkohol yang justru bisa menyebabkan dehidrasi, kata Graham. 

Meski kebutuhan cairan harian berbeda pada tiap orang, tapi aturan idealnya adalah delapan gelas per hari. Bagaimana cara melihat apakah kebutuhan cairan kita sudah cukup?  “Lihat urin, jika warnanya bening, berarti kebutuhan Anda tercukupi,” kata Graham.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai pereda nyeri sinus secara alami semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan dan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *