Penyebab Penyakit Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga sinus, sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Tulisan kali ini lebih menitikberatkan pembahasan pada sinusitis yang disebabkan oleh infeksi.

Ada 4 Pasang Sinus Utama Yaitu

  • Sinus maksila, di dalam tulang pipi
  • Sinus frontal, di kedua sisi dahi, di atas mata
  • Sinus etmoid, di belakang batang hidung, diantara kedua mata
  • Sinus sfenoid, di antara bagian atas hidung dan di belakang mata.

Disebut sinusitis adalah ketika lapisan sinus membengkak atau meradang. Pembengkakan ini akan memblokir sinus dan menutup bukaan yang mengarah ke hidung. Udara dan lendir bisa terjebak di dalam sinus, yang dapat menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab Sinusitis

sinusPenyebab sinusitis bermacam-macam, tergantung pada jenis sinusitisnya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus(virus common cold), jamur, atau bakteri; infeksi (kerongkongan, amandel dan gigi); kelainan anatomis dari hidung, adanya benda asing di hidung, tumor, polip, polusi, alergi udara dingin, dan alergi udara kering.

Penyebab Sinusitis Pada Umumnya

  1. Infeksi atau peradangan, baik di daerah rongga hidung maupun tenggorokan (peradangan amandel – tonsil dan adenoid).
  2. Adanya sumbatan di daerah rongga hidung, seperti : polip, tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung (konka inferior dan media), tulang hidung bengkok (septum deviasi) .
  3. Adanya alergi pada hidung, sehingga menyebabkan sumbatan.
  4. Pengaruh lingkungan, seperti udara dingin, udara panas, asap polusi, debu, bau menyengat.
  5. Pada penggemar olah raga renang, air sering masuk ke rongga hidung.
  6. Trauma fisik maupun stress (barotrauma), dan menyebabkan perdarahan pada sinus.
  7. Infeksi pada gigi geraham 1, geraham 2, dan geraham 3 bagian atas kiri dan kanan. Infeksi yang berat dan berlangsung lama dapat menembus sampai rongga sinus maksilaris (pipi)

Selain itu Penyakit sinusitis ini bisa terjadi apabila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Selain itu adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyebab penyakit sinusitis semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda amin untuk info lebih lanjut silahkan klik disini “ Obat Sinusitis Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *